Minggu, 10 April 2011

Torak

Fungsi torak :• Menghisap, mengkompresi gas baru dan membuang gas bekas
• Merubah tekanan hasil pembakaran menjadi gaya dorong pada batang torak
• Mengatur pemasukan dan pembuangan gas pada motor 2 tak


Pembebanan torak :
• Menerima tekanan dan temperatur gas pembakaran yang tinggi
• Menerima gaya percepatan yang tinggi
• Menerima gaya gesek dan gaya samping



Bahan dan pembuatan torak

Peryaratan bahan torak
Melihat fungsi dan pembebanan torak, maka dituntut persyaratan a . l :
• Kuat terhadap tekanan tinggi
• Tahan terhadap temperatur tinggi
• Tahan terhadap keausan dan mempunyai sifat luncur yang baik
• Mempunyai koefisien muai panas kecil

Macam – macam paduan
Bahan yang umumnya dipakai untuk torak adalah aluminium karena sifatnya ringan. Tetapi aluminium murni terlalu lembek dan mempunyai ketahanan kecil terhadap pemuaian / gesekan.
Untuk memenuhi persyaratan yang diinginkan, maka aluminium harus dicampur dengan logam lain.

• Paduan Al – Si Si 12 – 25 %
• Paduan Al – Cu Cu 5% si < 1%
• Paduan Al – Si - Cu Si & Cu masing-masing  5%
• Paduan Al – Ni Ni  25%

Keterangan :
• Silikon ( Si ) : makin tinggi kadar Si, makin kecil muai panas dan gesekan. Tetapi makin sulit pengerjaan/pembuatannya.
• Tembaga ( Cu ) : Tahan terhadap karat dan kemampuan memindahkan panas baik.
• Nikel ( Ni ) : Memiliki kekenyalan yang tinggi, tahan terhadap temperatur tinggi, muai panas kecil dan tahan terhadap karat.


Pembuatan torak

Penuangan yang dikuti pendinginan secara cepat
Paling umum, paling murah, juga dipakai pada penuangan torak dengan bentuk yang rumit

Pencetakan dengan tekan
Memerlukan paduan khusus, menghasilkan torak dengan kekuatan dan ketahanan terhadap temperatur lebih baik. Bentuk torak harus sederhana, supaya mal cetak dapat dikeluarkan lagi dari bagian dalam torak. Hanya dipergunakan untuk motor berprestasi tinggi ( Diesel – turbo )

Perbaikan permukaan luar torak
1. Pinggang torak
Untuk memperoleh sifat luncur yang baik, pinggang torak sering dilapisi, misalnya dengan timah, grafit ( karbon ) atau molybden

2. Puncak torak
Untuk mengurangi penyerapan panas dan untuk mempertinggi ketahanan terhadap panas, permukaan puncak torak sering dieloxasi. Eloxasi adalah perlakuan kimia yang mempertebal lapisan alumuniumoxid yang sudah terdapat secara alami pada semua bagian luar aluminium. Alumuniumoxid mempunyai titik lebur yang tinggi dari pada campuran aluminium dasar, sedangkan sifat hantar panas berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar